Selasa, 01 April 2008

Perkembangan kesehatan fajar sejak kecil

Kesehatan Si Kecil Fajar tidak begitu sukses. Beberapa masalah medis mengganggu si kakak. Berikut cuplikannya.

Sirkumsisi
Karena mendapat anugrah penyempitan pada ujung saluran kencingnya, Fajar harus menjalani sirkumsisi (khitan) di usia 6 bulan. Sedih rasanya melihat tubuh kecil itu mendapat anastesi. Lebih sedih lagi ketika ia harus berpuasa setengah jam setelah sebelumnya sejak malam juga harus berpuasa. Mudah-mudahan sang dokter bedah yang terlambat datang pada saat operasinya dapat meningkatkan kinerjanya di masa datang.

Diare Akut
Usia hampir ulang tahunnya yang pertama, Fajar mendapat serangan muntaber yang sangat menakutkan. Badannya lemas dan muntah terus. Perlu opname 2 minggu plus full infus sampai ia cukup pulih. Secara fisik, penyakit itu telah mengurangi bobot Fajar secara drastis, padahal tadinya sangat gemuk dan chubby (sampai susah bergerak). Hikmahnya, dengan bobot badan yang enteng saat itu juga dia sudah belajar berjalan. Secara mental, infus dan cekokan obat yang diterimanya membuat dia takut dengan orang-orang baru, dan itu terasa sampai saat sekarang. Buat para orang tua... beware of dhiarrea!!!

Tuberculosis
Ini dia masa-masa yang cukup mengkhawatirkan. Bagaimana tidak, 9 bulan terapi 3 macam obat harus dilaluinya! Untunglah pada saat itu kami punya Rusmini, pembantu kami yang berjiwa seorang kakak dan cukup pintar dan kuat untuk mengasuh, memberi obat, menyuapi Fajar.

Flek membuat Fajar luar biasa susah untuk makan, penyakit ini kurasa mendidik mentalnya menjadi 'lembam'. Ini menjad pe-er buat kami ortunya.

Telinga
Fajar memiliki masalah dengan telinganya. Pernah suatu malam dia merasa kemasukan semut sampai gak bisa bobo, sampai kami bawa ke UGD Sardjito. Ternyata kotoran telinganya berjenis keras sehingga harus dimaintain secara berkala ke rumah sakit untuk dibuang. Saat ini kami juga curiga dengan sikapnya yang kadang-kadang kurang respon kalo dipanggil dengan volume normal dan dalam kondisi dia tidak menyadari kalo ada yang memanggil. Ada kemungkinan : masalah telinga (pendengaran), konsentrasi yang terlalu penuh terhadap sesuatu, atau (lagi-lagi) lembam.

Perut
Tahun 2007 Fajar mendapat masalah dengan perutnya. Dokternya (dr. Titis dan dr. Amalia) bilang ini kemungkinan adalah Gastritis. Fajar harus banyak makan sayur dan buah.

Tidak ada komentar: